Tak Perlu Laundry, Cara Mencuci Selimut Bed Cover dengan Benar

Lifestyle – Bed Cover merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, produk tidur khususnya selimut bed cover ini terkenal dengan bahannya yang tebal dan lembut sehingga membuat tubuh terasa lebih hangat dan membantu tidur lebih nyaman.

Sekarang, karena Anda menggunakan selimut hampir setiap malam, wajar saja jika Anda perlu menjaganya tetap bersih. Salah satu cara menjaga selimut tetap bersih adalah dengan mencucinya secara rutin.

Jangan sampai Anda mencuci selimut bed cover hanya jika sudah kotor. Bagaimana cara mencuci selimut bed cover yang baik dan benar? Simak tipsnya di bawah ini.

Tips Mencuci Selimut Bed Cover dengan Benar

Mencuci selimut bed cover berbeda dengan selimut biasa dan memerlukan perawatan khusus untuk menjaga volume dan menghindari kendur. Di bawah ini, Kami membagikan beberapa metode untuk membersihkan dan merawat selimut Anda dengan benar.

1. Pisahkan Bed Cover dengan Cucian Lain

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mencuci selimut bad cover adalah memisahkannya dari sisa cucian Anda. Hal ini di lakukan untuk mengurangi risiko bed cover kotor oleh pakaian lain.

Mencuci secara terpisah juga untuk mencegah bulu-bulu halus dari pakaian lain menempel pada serat kain seprai. Jika hal ini terjadi, permukaan bed cover bisa menjadi kasar.

2. Rendam Bed Cover Selama 30 Menit

Sama seperti mencuci pakaian, rendam selimut Anda dalam ember besar lalu masukkan ke dalam mesin cuci. Hal ini di lakukan untuk memutihkan kotoran yang mungkin menempel pada selimut sehingga lebih mudah di bersihkan nantinya.

Rendam kurang lebih 30 menit dalam air tawar atau air hangat dengan deterjen. Harap hindari perendaman dalam waktu lama karena dapat merusak tekstur kain. Selain itu, jika Anda menggunakan pemutih, warna selimut mungkin akan sedikit memudar.

3. Bersihkan Noda yang Ada di Bed Cover

Setelah di rendam selama 30 menit, Anda dapat memeriksa kembali noda pada selimut Anda. Pemeriksaan ini harus di lakukan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan ukuran selimut, sehingga detail noda tertentu mungkin terlewat.

Jika ditemukan kotoran, periksalah dengan teliti. Jangan gunakan sikat kaku untuk mencari kotoran karena dapat merusak serat selimut.

4. Cuci dengan Mesin Cuci Kecepatan Normal

Keuntungan mencuci di mesin cuci adalah pakaian dapat di cuci dengan kecepatan konstan. Anda dapat mengatur kecepatan menjadi cepat, normal, atau lambat. Oleh karena itu, khusus untuk selimut, cucilah dengan kecepatan normal.

Hindari mencuci dengan kecepatan tinggi karena dapat merusak serat selimut. Di sisi lain, pembersihan dengan kecepatan rendah mengurangi efisiensi pembersihan karena memerlukan siklus pembersihan yang lebih lama untuk mencapai tingkat kebersihan yang sama seperti pengaturan normal.

5. Hindari Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Setelah mencuci dan mengeringkan selimut Anda di mesin cuci, keringkan di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Agar tekstur selimut tetap bagus, silakan keringkan di bawah kanopi atau di luar ruangan yang teduh.

Saat menjemur bad cover, berhati-hatilah dengan tali jemuran. Pastikan tali jemuran kokoh sehingga dapat menopang selimut sepenuhnya. Pastikan tali jemuran tidak jatuh atau menodai sprei.

6. Hindari Menyetrika Selimut Bed Cover

Seperti yang anda ketahui, selimut mengandung Dacron yang membuatnya lembut. Bahan ini menjadi bernapas jika terkena panas. Oleh karena itu, jika bad cover Anda kusut, jangan disetrika dan berhati-hatilah agar tidak meratakannya.

Bila tidak digunakan, simpan selimut dalam wadah yang sama dengan tempat Anda membeli. Berhati-hatilah untuk tidak menumpuknya dengan benda lain agar tidak rata.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka