10 Fakta Menarik Vagina yang Perlu Anda Ketahui

Pengetahuan – Membicarakan vagina kerap kali di anggap tabu sebab identik dengan sesuatu yang bernuansa seks. Padahal, bagian tubuh ini lebih dari sekedar organ pemuas hasrat seksual.

Vagina memiliki berbagai keunikan dan fungsi yang mungkin Anda khususnya wanita tak pernah sadari. Seberapa banyak Anda mengenal organ kewanitaan ini? Berikut ini adalah fakta menarik vagina yang mungkin belum Anda tahu.

1. Berasal Dari Bahasa Latin

Dalam bahasa Latin, vagina di artikan sebagai selubung atau selongsong pedang. Menariknya, arti vagina di sini sepertinya berhubungan dengan istilah “gladius”, bahasa Latin untuk pedang, yang merupakan akar dari kata “penis”.

2. Vagina Dapat Membersihkan Dirinya Sendiri

Mekanisme pembersihan vagina di rasakan sebagai keputihan. Sekresi vagina menghilangkan sel-sel mati dan bakteri berbahaya, menjadikan vagina Anda bersih dan bebas infeksi.

Keputihan yang normal berwarna bening hingga keruh, dan jika mengenai celana dalam akan berubah warna menjadi kekuningan. Keputihan ini tidak berbau dan tidak gatal.

3. Derajat Keasaman Vagina Mirip dengan Wine

Rata-rata pH vagina adalah 4 (3,8-4,5). Jika pH ini berubah, keseimbangan flora normal (jamur dan bakteri) di dalamnya akan terganggu, sehingga memicu keputihan yang tidak normal.

Untuk mencegahnya, cukup cuci vagina dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Hindari mencuci vagina dengan produk-produk yang mengandung pewangi, gel, atau antiseptik.

4. Vagina Menghasilkan Lendir

Rata-rata, wanita usia subur akan menghasilkan lendir vagina sebanyak 1,5 gram per 8 jam (1 gram = ¼ sendok teh). Jumlah lendir ini mencapai puncaknya pada masa subur, mencapai 2 gram.

Produksi lendir ini juga meningkat ketika Anda terangsang secara seksual.

5. Masa Subur Bisa Diketahui Dari Lendir

Fakta Menarik vagina selanjutnya adalah  Ada perbedaan antara lendir vagina yang keluar saat kemungkinan besar hamil dan lendir vagina yang keluar saat Anda merasa terangsang secara seksual.

Lendir vagina di sebut juga lendir serviks karena keluar dari leher rahim pada masa subur. Lendir ini berwarna bening serta lengket dan berfungsi untuk melancarkan jalan sel sperma menuju sel telur.

Sedangkan lendir vagina yang keluar saat mengalami stimulasi seksual berasal dari kelenjar dan dinding vagina. Lendir yang juga berwarna bening ini kerap membasahi celana dalam karena posisinya lebih di bawah serviks.

Untuk membedakannya, larutkan lendir ke dalam segelas air. Lendir serviks akan menggumpal membentuk bola dan tenggelam ke dasar gelas karena tidak dapat larut dalam air, sedangkan lendir vagina akan larut dalam air.

6. Bau Vagina Tiap Wanita Berbeda

Bau vagina sangat bersifat pribadi. Timbulnya Bau di pengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain Bakteri dan jamur yang biasanya ada di vagina, makanan yang Anda makan, jenis pakaian dalam yang Anda kenakan, kebersihan diri Anda, serta jumlah keringat dan lendir yang di hasilkan oleh kelenjar di vagina Anda.

7. Vagina Memiliki Banyak Area Kenikmatan Seksual

Pusat kenikmatan seksual wanita bukan hanya di zona G-spot atau titik Gräfenberg yang terletak 5-7 cm dari lubang vagina. Para ahli telah menemukan area lain yang disebut A-spot.

Letaknya di bagian depan forniks vagina, atau beberapa sentimeter di atas G-spot. Beberapa orang merasakan kenikmatan seksual melalui rangsangan pada bibir vagina, mulut, atau leher rahim.

8. Dapat Memanjang

Fakta menarik Vagina lainnya adalah Vagina berbentuk lingkaran dan di kelilingi oleh otot-otot yang melengkung. Oleh karena itu, Anda bisa memanjangkan atau melebarkan vagina sesuai kebutuhan.

Saat istirahat, vagina wanita dewasa berdiameter sekitar 2,5 hingga 3 inci dan panjang sekitar 8 hingga 9 inci. Ukuran ini bisa berlipat ganda ketika seorang wanita berhubungan seks atau melahirkan.

9. Vagina Bisa Kentut

Pernahkah Anda kentut dari vagina? Jika iya, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Proses ini disebut “queefing” dan terjadi ketika sejumlah besar udara masuk ke dalam vagina, seperti saat berhubungan seks.

Berbeda dengan kentut yang dikeluarkan melalui anus, kentut yang keluar dari vagina tidak mengandung sisa metabolisme makanan atau bakteri usus sehingga tidak berbau.

10. Bisa Kendur

Usia, perubahan hormonal, kehamilan, melahirkan, faktor genetik, bahkan gravitasi dapat mengendurkan otot-otot vagina. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan senam Kegel, menjaga berat badan pada rentang normal, menjaga jangan sampai mengalami sembelit, serta tidak merokok.

Baru sadar kalau vagina Anda ternyata menyimpan segudang rahasia? Faktanya, vagina memiliki banyak kemampuan yang luar biasa dan tak kasatmata.

Lebih dari itu, vagina juga dapat memberikan informasi seputar kesehatan organ reproduksi dan seksual Anda. Karenanya, lindungi vagina dengan menjaga kebersihannya, serta menerapkan gaya hidup sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top